Kamis, 14 Okt 2021
  • Selamat datang di website SMA Karang Arum, media informasi resmi dan pembelajaran online. Di masa pandemi, laksanakan 3 M : Memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak

Alhamdulillah, AKM SMA Karang Arum Cilengkrang Lancar Jaya

AKM SMA Karang Arum 1
AKM SMA Karang Arum

AKM SMA Karang Arum— Sebanyak 25 siswa dan siswi SMA Karang Arum melaksanakan kegiatan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal). Kegiatan tersebut dilaksanakana pada hari Rabu 29 sampai dengan Kamis, 30 September 2021. Peserta yang dilibatkan yaitu kelas 11 IPS.

SMA Karang Arum sendiri membuat skenario pelaksanaan dengan sistem semi online dengan satu sesi, sehingga pelaksanaan tidak memakan waktu yang cukup panjang.

Skenario mode semi online diyakini merupakan pilihan yang sangat ideal, sebab tidak secara penuh menggunakan kekuatan internet. Akan tetapi, dalam mode tersebut, data disinkroniasi, kemudian setelah data masuk ke server sekolah, peserta melaksanakan AKM dalam mode semi offline yang dihubungkan ke clien.

Selain itu, dengan menggunakan 2 server sekaligus AKM dilaksanakan terasa lebih ringan. Jumlah siswa dibagi berdasarkan 2 server dimana setiap server memiliki 2 saluran internet dengan provider yang berbeda, yaitu indihome dan megavision.

Skenario ini dilakukan untuk mengantisipasi jika saluran yang satu mengalami kendala. Pun termasuk dalam energi listik, SMA Karang Arum menerapkan 2 saluran listrik. Satu saluran dari SMA, satu saluran lagi dari SMP. Dengan begitu mudah-mudahan jika ada kendala yang cukup krusial tetap bisa diatasi dengan baik.

“Perangkat TIK, di lapangan senantiasa dinamis, terkadang prediksi-prediksi dan trouble shoot selalu ada. Perlu perencanaan dan proses yang matang dan proses skenario penyelesaian dengan berbagai alternatif. Beruntungnya, sebelum pelaksanaan AKM, pemerintah mewajibkan sekolah melakukan beberapa kegiatan seperti simulasi dan gladi. Kegiatan inilah menjadi alat ukur, seberapa efisisien kita menyelesaikan trouble yang muncul,” ucap kepala sekolah SMA Karang Arum, Ivan Masdudin.

Dengan adanya kegiatan simulasi dan gladi, proktor dan teknisi mendapatkan berbagai pengalaman dalam menggunakan berbagai perangkat. “Selalu ada kendala dalam instalasi dan sinkronisasi, namun karena dilaksanakan berulang selama simulasi dan gadi, proktor dan teknisi menjadi terbiasa dan memandang trouble tersebut sebagai hal yang biasa,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah mewajibkan agar semua sekolah untuk melaksanakan simulasi dan gladi sebelum pelaksanaan AKM. Dimana dalam setiap kegiatan tersebut terdiri atas pemasangan instalasi komputer, jaringan topologi, pendataan di web ANBK, instalasi perangkat pendukung, sinkronisasi, dan pelaksanaan kegiatan.

Selain dilakasanakan oleh siswa, AKM di SMA Karang Arum juga dilaksanakan oleh semua guru dan tekdik dengan melaksanakan Survei Lingkungan Sekolah. Pelaksanaannya berbeda dari siswa. AKM untuk guru dilaksanakan dengan langsung mengakses web survei lingkungan. Jadi, pelakasanaan AKM untuk guru dilakukan secara full online.

“Kami sangat bersyukur atas lancarnya semua rangkaian kegiatan AKM baik siswa maupun guru. Kelancaran ini merupakan buah dari kerjasama yang kompak dan saling mendukung dari semua pihak. Kami ucapkan terima kasih kepada proktor, para teknisi, pengawas, wakasek, wali kelas, guru-guru dan semua pihak atas segala partisipasinya,” tutup kepala sekolah.

Divisi Humas SMA Karang Arum Cilengkrang

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR